WilujEng sUmPing

Selamat datang

Sabtu, 15 Januari 2011



 
Selasa,15 januari 2011
 
SUKABUMI--Masalah infrastruktur jalan di Kabupaten Sukabumi menjadi keluhan utama masyarakat Sukabumi belakangan ini. Persoalan ini juga sekaligus menjadi sorotan utama peserta Pilkada Sukabumi lalu. Makanya, Sukmawijaya yang terpilih kembali menjadi Bupati SUkabumi periode 2010-2015 akan memprioritaskan masalah infrastruktur ini dalam program kerjanya ke depan.
 Menurut Calon Bupati Sukabumi terpilih, Sukmawijaya perbaikan jalan ini akan mendapat perhatian dari Pemkab Sukabumi setiap tahun secara berkesinambungan. "Seperti yang banyak disuarakan masyarakat soal buruknya infrastruktur jalan, maka masalah ini pula yang akan menjadi program utama kami ke depan," ujarnya.
 Sebenarnya perbaikan dan pembangunan jalan baru, lanjut Sukmawijaya sudah dimulai tahun ini. Yaitu dengan mengalokasikan dana APBD sebesar Rp90 miliar. Namun untuk pembenahan infrastruktur jalan di Kabupaten Sukabumi membutuhkan dana sekitar Rp450 Miliar. Angka ini mencapai setengah dari APBD Kabupaten Sukabumi tahun ini. Sehingga untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan sepanjang 1.580 kilometer itu tidak bisa dilakukan dalam sekali alokasi dana. "Pelaksanaan program ini bertahap tapi berkesinambungan setiap tahun," urainya.
 Alokasi dana untuk infrastruktur jalan ini akan diprioritaskan daerah yang dinilai strategis. Ruas jalan yang dinilai strategis dan masuk skala prioritas itu tersebar secara proporsional di wilayah utara, tengah, dan selatan. "Kami akan mulai meningkatkan, membangun dan menuntaskan jalan yang strategis pada tahun ini," kata Sukmawijaya.
 Berdasarkan data dari Dinas PU, ruas jalan strategis di Kabupaten Sukabumi yang segera ditingkatkan di antaranya Waluran-Malereng, Taman Jaya-Ciwaru, Ciracap-Ciletuh-Gunung Batu, Lengkong-Mataram, Pal Tiga-Ciemas, Baros-Cibuni, Baros-Cikadu, Cimanggu-Buniwangi. "Ini untuk wilayah selatan dan Palabuhanratu,"sebutnya.
 Untuk peningkatan jalan strategis di wilayah tengah dan utara, antara lain Jalan Cimuncang-Gegerbitung, Pal Dua-Gegerbitung, Cisaat-Gunungguruh, Cisaat-Situgung, Bojongpolang-Cimerang, Jalan Alternatif Cicurug-Tenjoayu, Jalan Alternatif Cibadak-Jelegong-Cikolawing,Benda-Duren Gede, Karang Tengah-Cireundeu, Kalapanunggal-Cipeundeuy dan Caringin-Cidahu.
 
aliefa darieza
 

Tidak ada komentar: